Minggu, 06 Maret 2016

Tips Mencari Teman dan Membangun Persahabatan Sejati


persahabatan
Kita semua mengetahui, bahwa persahabatan adalah sesuatu hal yang baik. Tapi apakah anda mengetahui juga bahwa sahabat memiliki dampak yang besar pada kebahagiaan dan kualitas hidup anda? Sahabat yang baik akan menghilangkan stres, memberikan kenyamanan dan sukacita, mencegah kesepian dan isolasi, dan bahkan memperkuat kesehatan anda. Meskipun penting, persahabatan tidak terjadi begitu saja. Banyak dari kita berjuang untuk bertemu teman-teman baru, mengorbankan waktu dan energi dalam mengembangkan hubungan yang berkualitas. Namun terlepas dari hal ini, berapa pun usia atau keadaan anda, tidak pernah ada kata terlambat untuk menciptakan teman baru atau berhubungan kembali dengan teman lama. Tips ini dapat membantu.

Mengapa persahabatan sangatlah penting

Masyarakat cenderung menempatkan penekanan pada hubungan yang romantis. Kita berpikir bahwa jika kita bisa menemukan orang yang tepat, kita akan bahagia dan puas. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa sahabat justru lebih penting untuk kesejahteraan psikologis daripada hubungan cinta dan keluarga. Persahabatan membawa lebih banyak kebahagiaan dalam hidup kita dibanding apa pun. Tidak hanya itu, persahabatan memiliki dampak yang kuat pada kesehatan fisik kita. Penelitian menunjukkan bahwa hubungan sosial yang kurang dapat mempunyai efek merusak layaknya merokok, minum, atau kurang berolahraga. Kualitas persahabatan kita bahkan terikat dengan umur yang panjang.

Mengapa teman-teman online tidaklah cukup

Teknologi telah menggeserkan definisi persahabatan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan hanya mengklik tombol, kita bisa menambahkan teman atau membuat hubungan baru. Tetapi memiliki ratusan teman online tidaklah sama dengan memiliki teman dekat dimana anda bisa bersama-sama secara pribadi. Memang teknologi dapat memfasilitasi peluang sosial dengan membantu anda berhubungan kembali dengan teman lama, menciptakan hubungan baru dengan orang-orang di seluruh dunia yang memiliki minat yang sama, atau menjaga hubungan dengan teman-teman yang tinggal berjauhan. Namun, teman-teman online tidak dapat memeluk anda ketika anda membutuhkan, mengunjungi anda ketika anda sakit, atau bersenang-senang dengan anda selepas bekerja.
Hubungan yang paling penting dan kuat terjadi ketika kita bertatap muka satu sama lain. Jadi buatlah prioritas untuk tetap berhubungan di dunia nyata, bukan hanya secara online. Anda akan mendapatkan lebih banyak percakapan dibanding melalui media sosial.

Manfaat persahabatan

Sahabat yang baik menambah arti khusus bagi hidup. Mereka bersama anda baik dalam keadaan senang maupun sulit. Sahabat yang baik antara lain dapat:
  • Meningkatkan suasana hati anda. Kebahagiaan bisa menular. Menghabiskan waktu dengan teman-teman yang bahagia dan positif dapat meningkatkan suasana hati dan harapan anda.
  • Membantu anda untuk mencapai tujuan. Apakah anda mencoba untuk menurunkan berat badan, berhenti merokok, atau meningkatkan taraf hidup anda, dorongan dari sahabat benar-benar dapat meningkatkan semangat serta peluang keberhasilan anda.
  • Mengurangi stres dan depresi. Memiliki kehidupan sosial yang aktif dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dan membantu mengurangi isolasi, faktor utama penyebab depresi.
  • Mendukung anda melalui masa-masa sulit. Bahkan jika anda hanya memiliki seseorang untuk berbagi, sahabat dapat membantu anda mengatasi penyakit serius, kehilangan pekerjaan, orang yang dicintai, retaknya hubungan, atau masalah-masalah lain dalam hidup.
  • Dukungan seiring pertambahan usia anda. Ketika anda mulai menua, pensiun, sakit, dan kematian orang yang dicintai sering menyebabkan anda terisolasi. Memiliki orang-orang yang dapat menemani dan memberikan dukungan dapat membuat anda memiliki tujuan baru dan menjadi penyangga terhadap depresi, cacat, kesulitan, dan kehilangan. Tetap terlibat secara sosial meskipun usia mulai menua membuat anda merasa positif dan meningkatkan kebahagiaan anda.
  • Meningkatkan rasa harga diri. Persahabatan adalah hubungan dua arah, dan sisi “memberi” dalam hubungan memberi dan menerima membuat anda bernilai. Dapat berada disamping teman-teman anda membuat anda merasa dibutuhkan dan menambah tujuan hidup anda.

Apa yang harus dicari dalam diri seorang sahabat

Idealnya, seorang sahabat adalah seseorang yang anda percaya untuk berbagi dengan tingkat pengertian dan komunikasi yang mendalam. Seorang sahabat yang baik akan menunjukkan minat yang tulus pada apa yang terjadi dalam hidup anda, apa yang anda katakan, apa yang anda pikirkan dan apa yang anda rasakan. Ia akan menerima anda untuk siapa diri anda dan mendengarkan dengan penuh perhatian tanpa menghakimi anda, tanpa memberitahu anda bagaimana seharusnya yang anda pikirkan atau rasakan, dan tanpa mencoba mengalihkan pembicaraan.
Persahabatan bekerja dua arah, sahabat merupakan seseorang dimana anda merasa nyaman mendukungnya juga, serta seseorang dengan siapa anda berbagi ikatan kepercayaan dan loyalitas. Seorang sahabat yang baik akan merasa nyaman berbagi hal-hal tentang diri mereka sendiri dengan anda.

Fokus pada apa yang anda rasakan, bukan pada bentuk persahabatan

Ketika mencari teman baru, cobalah untuk tidak terlalu terjebak dalam kualifikasi dan kriteria eksternal. Hal yang paling penting dalam persahabatan adalah bagaimana yang anda rasakan pada hubungan tersebut – bukan bagaimana tampilannya di atas kertas, berapa banyak kesamaan yang anda miliki atau atau apa yang orang lain pikirkan. Tanyakan pada diri anda pertanyaan-pertanyaan berikut:
  • Apakah saya merasa lebih baik setelah menghabiskan waktu dengan orang ini?
  • Apakah saya merasa bebas untuk menjadi diri saya sendiri di sekitar orang ini?
  • Apakah saya merasa aman, atau apakah saya merasa seperti saya harus memperhatikan setiap apa yang saya katakan dan lakukan?
  • Apakah orang ini mendukung saya? Apakah dia memperlakukan saya dengan hormat?
  • Apakah orang ini adalah orang yang tepat untuk saya percayai?
Intinya adalah jika persahabatan terasa baik, maka ia akan baik. Tetapi jika seseorang mencoba untuk mengontrol anda, mengkritik anda, menyalahgunakan kemurahan hati anda, membawa bahaya yang tidak diinginkan, atau pengaruh negatif dalam hidup anda, saatnya untuk melihat kembali persahabatan tersebut. Sebuah persahabatan yang baik tidak mengharuskan anda untuk bertindak melawan nilai-nilai anda sendiri, selalu setuju dengan orang lain, atau mengabaikan kebutuhan anda sendiri.

Bagaimana menjadi lebih ramah dan bersosial

Jika anda cenderung introvert atau pemalu, anda dapat meraskan ketidaknyamanan ketika menempatkan diri di luar sana untuk bersosial. Tapi anda tidak harus secara alami menjadi seorang yang supel dan menghadiri berbagai pesta untuk membuat teman baru. Anda dapat membuat usaha ekstra untuk menjadi lebih ramah dan terbuka kepada orang lain, sementara tetap mempertahankan kepribadian anda sendiri.
  • Fokus pada orang lain, bukan diri sendiri. Kunci untuk berhubungan dengan orang lain adalah menunjukkan ketertarikan pada mereka. Ketika anda benar-benar tertarik pada pikiran, perasaan, pengalaman, cerita, dan opini orang lain, serta anda menunjukkannya, mereka akan menyukai anda untuk itu. Anda akan membuat lebih banyak teman dengan menunjukkan ketertarikan anda daripada mencoba untuk membuat orang tertarik pada anda.
  • Tidak berpura-pura. Menunjukkan ketertarikan pada orang lain tidak dapat dipalsukan. Jika anda hanya berpura-pura untuk mendengarkan atau peduli, orang lain akan menangkap hal tersebut. Alih-alih membina hubungan yang lebih besar, usaha anda kemungkinan akan menjadi bumerang. Tidak ada yang suka dimanipulasi . Jika anda tidak benar-benar tertarik pada orang lain, berhentilah mencoba untuk berhubungan.
  • Perhatian. Berusaha untuk benar-benar mendengarkan orang lain. Dengan memperhatikan sungguh-sungguh apa yang mereka katakan, lakukan, dan bagaimana mereka berinteraksi, anda akan segera mengenal mereka. Hal-hal kecil sangatlah berguna, seperti mengingat preferensi seseorang, cerita yang mereka ceritakan pada anda, dan apa yang terjadi dalam hidup mereka.

Pengungkapan diri: kunci untuk mengubah kenalan menjadi sahabat

Kita semua memiliki kenalan – orang yang seringkali bertukar obrolan ringan dengan kita, baik itu rekan sekerja, teman kuliah maupun teman online. Hubungan perkenalan ini dapat tercipta dengan cukup mudah. Pertanyaannya adalah bagaimana jika anda ingin mengubah kenalan biasa menjadi sahabat sejati?
Persahabatan ditandai dengan keintiman. Teman sejati mengetahui satu sama lain: nilai-nilai, perjuangan, tujuan, dan kepentingan mereka. Jika anda ingin merubah hubungan dari kenalan menjadi sahabat, cara terbaik untuk melakukannya adalah membuka diri terhadap orang lain. Anda tidak harus mengungkapkan rahasia yang paling anda jaga. Mulailah dari hal kecil dengan sesuatu yang sedikit lebih pribadi dibanding obrolah anda biasanya dan lihatlah bagaimana orang lain merespon. Apakah mereka tampak tertarik dan menerima? Apakah mereka membalas dengan mengungkapkan sesuatu tentang diri mereka sendiri?

Mengukur minat

Membangun dan mempertahankan persahabatan membutuhkan waktu dan usaha, dan tidak semua orang mau terbuka sepanjang waktu. Jadi penting untuk mengevaluasi apakah orang lain sedang mencari teman baru atau tidak.
  • Apakah mereka mengajukan pertanyaan tentang diri anda, seolah-olah mereka ingin mengenal anda lebih baik?
  • Apakah mereka mengatakan hal-hal tentang diri mereka sendiri, tidak sekedar berbasa-basi?
  • Apakah mereka memberikan perhatian penuh ketika anda melihat mereka?
  • Apakah orang lain tampak tertarik dengan pertukaran informasi kontak atau membuat rencana khusus untuk kembali bersama-sama?
Jika anda tidak dapat menjawab “ya” untuk sebagian besar pertanyaan-pertanyaan ini, orang tersebut mungkin bukan kandidat terbaik untuk persahabatan saat ini. Mereka mungkin tidak terbuka untuk persahabatan baru sekarang, bahkan jika mereka benar-benar menyukai anda. Mungkin kalender sosial mereka sudah terlalu penuh atau mereka terlalu sibuk dengan tanggung jawab lain. Ada banyak alasan yang mungkin, jadi cobalah untuk tidak tersinggung!

Tips untuk bertemu orang-orang baru

Kedekatan adalah faktor besar jika kita ingin menjalin persahabatan. Kita cenderung untuk berteman dengan orang-orang yang kita temui secara teratur: teman satu kelas, rekan sekerja atau tetangga kita. Semakin sering kita melihat seseorang, semakin besar kesempatan untuk membangun persahabatan. Jadi tempat yang anda sering kunjungi secara teratur adalah tempat yang baik untuk mencari sahabat yang potensial.
Faktor besar lain yang dapat membangun persahabatan adalah minat yang sama. Kita cenderung tertarik dan berbagi pada orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama seperti rasa humor, hobi, atau latar belakang budaya. Pikirkan tentang hal-hal yang anda sukai, hal-hal yang anda peduli, atau apa pun itu yang membuat anda tertarik. Dimana anda kira-kira bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan anda?

Apa yang menghentikan anda dari membangun persahabatan

Apakah sesuatu menghentikan anda dari membangun persahabatan yang ingin anda miliki? Berikut adalah beberapa alasan umum yang sering diungkapkan oleh orang-orang plus apa yang dapat anda lakukan terhadapnya.
Terlalu sibuk
Banyak dari kita merasa terlalu banyak jadwal dan tertekan, sehingga tidak mengherankan jika kita kadang-kadang merasa terlalu sibuk untuk teman-teman. Mengembangkan dan mempertahankan persahabatan memang membutuhkan waktu dan usaha. Meskipun demikian, bahkan dengan jadwal yang pada, anda masih dapat menemukan cara untuk memprioritaskan persahabatan anda dan meluangkan waktu.
  • Taruh di kalender anda. Jadwalkan waktu untuk sahabat-sahabat anda layaknya yang anda lakukan ketika menjadwalkan pekerjaan anda. Buatlah janji bertemu setiap minggu atau setiap bulan atau pastikan anda tidak meninggalkan pertemuan dengan sahabat-sahabat anda tanpa membuat janji untuk pertemuan berikut.
  • Menggabungkan bisnis dan kesenangan. Mencari cara untuk menggabungkan acara bersosialisasi anda dengan kegiatan yang anda atau teman anda harus lakukan. Itu bisa apa saja, seperti pergi ke gym, pergi ke salon atau berbelanja. Ini cara mudah untuk menghabiskan waktu bersama-sama sambil tetap produktif.
  • Berkelompok. Jika anda benar-benar tidak punya waktu untuk bertemu masing-masing orang, buatlah pertemuan kelompok. Ini adalah cara yang baik untuk berhubungan dan juga untuk memperkenalkan teman-teman anda satu sama lain. Tentu saja, anda harus memastikan anda mengorganisir teman-teman yang tepat/ cocok.
Takut penolakan
Mencari teman baru berarti menempatkan diri anda di luar sana, dan itu bisa menjadi hal yang menakutkan. Ini terutama terjadi jika anda memiliki masalah dengan kepercayaan – pernah merasa dikhianati, trauma, atau mendapat pelecehan di masa lalu.
Bila anda tidak dapat mempercayai orang lain, persahabatan anda akan didominasi oleh ketakutan-ketakutan akan pengkhianatan, takut dikecewakan, takut merasa rentan, dsb. Namun sangatlah mungkin untuk belajar kembali mempercayai orang lain. Dengan bekerja sama dengan terapis yang tepat, anda dapat mengidentifikasi sumber ketidakpercayaan anda dan mengeksplorasi cara-cara untuk membangun kepercayaan dalam persahabatan yang ada dan masa depan.
Untuk rasa takut ditolak dan rasa khawatir, ada baiknya anda memeriksa sikap anda. Apakah anda menganggap bila seseorang tidak tertarik pada anda seperti anda tertarik pada mereka, anda merasa hancur, malu dan buruk sekali? Apa anda merasa setiap penolakan akan menghantui anda selamanya dan membuktikan bahwa anda tidak patut disukai dan ditakdirkan tidak mempunyai sahabat? Rasa takut ini akan menghalangi anda untuk menciptakan relasi yang baik. Dalam hal ini, rasa takut akan penolakan akan menjadi pikiran yang bermanifestasi dengan sendirinya. Tidak ada orang yang menyukai untuk ditolak, namun ada cara-cara sehat untuk menyikapinya dan membuat anda merasa tidak kecewa.
  • Hanya karena seseorang tidak tertarik untuk berbicara atau nongkrong bersama anda, tidak secara otomatis mereka menolak anda secara personal. Mereka mungkin sedang sibuk, tidak bisa diganggu, atau memiliki hal-hal lain yang terjadi.
  • Jika seseorang menolak anda, itu tidak berarti bahwa anda tidak berharga atau tidak layak dicintai. Mungkin mereka sedang mengalami hari yang buruk. Mungkin mereka salah membaca anda atau salah menafsirkan apa yang anda katakan. Atau mungkin mereka bukan orang yang ramah! Penolakan bukan selalu merefleksikan diri anda.
  • Anda tidak perlu menyukai setiap orang yang anda temui, dan sebaliknya. Seperti kencan, membangun jaringan pertemanan yang solid bisa menjadi permainan angka. Cobalah untuk fokus pada tujuan jangka panjang untuk membuat hubungan berkualitas, daripada terperangkap dalam persahabatan semu.
  • Jauhkan penolakan dalam perspektif anda. Penolakan tidak pernah membawa perasaan yang baik, tapi juga tidak seburuk yang anda bayangkan. Tidak mungkin bahwa orang lain akan duduk-duduk berbicara tentang penolakan anda. Tidak ada sesuatu yang besar dari penolakan. Hidup tetap harus berjalan. Dibanding anda menyalahkan diri anda, cobalah untuk melihat hal positif apa yang dapat anda ambil dari pengalaman tersebut.

Meningkatkan persahabatan anda dengan menjadi teman yang lebih baik

Ingatlah bahwa membuat teman baru hanyalah awal dari perjalanan menjadi persahabatan. Persahabatan memerlukan waktu untuk dibentuk dan bahkan lebih banyak waktu lagi untuk memperdalamnya. Untuk berpindah dari sebatas kenalan menjadi sahabat , anda perlu memelihara dan berinvestasi dalam hubungan tersebut. Ini adalah proses yang membutuhkan waktu, tenaga, dan minat yang tulus pada orang lain.
  • Jadilah teman sebagaimana ingin anda miliki. Perlakukan teman anda seperti anda ingin diperlukan oleh mereka. Dapat diandalkan, bijaksana, dapat dipercaya, dan bersedia untuk berbagi diri anda dan waktu anda.
  • Jadilah pendengar yang baik. Untuk membangun persahabatan yang solid dengan seseorang, bersiaplah untuk mendengarkan dan mendukung mereka seperti anda ingin mereka juga untuk mendengarkan dan mendukung anda.
  • Berikan ruang pada sahabat anda. Jangan terlalu menempel atau membutuhkan, dan pastikan untuk tidak menyalahgunakan kemurahan hati teman anda. Setiap orang membutuhkan ruang untuk sendiri atau menghabiskan waktu dengan teman yang lain juga.
  • Jangan menciptakan terlalu banyak aturan dan harapan. Sebaliknya, biarkan persahabatan anda untuk berkembang secara alami. Anda berdua adalah individu yang unik sehingga persahabatan anda mungkin tidak akan berkembang persis seperti yang anda harapkan.
  • Jadilah pemaaf. Tidak ada yang sempurna dan setiap teman akan membuat kesalahan. Tidak ada persahabatan yang berjalan dengan lancar, sehingga ketika ada rintangan di jalan, cobalah menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Ini akan memperdalam ikatan persahabatan anda.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar